INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)
Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.
To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.
Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National to XVII at Jakarta for Vocational Highstudent all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational Education – Directorate General of Management for Primary and Secondary Education –The Ministry of National Education Republic of Indonesia.
II. Tujuan
1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian kimia analis dan industri.
2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian kimia analis dan industri.
3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian kimia analis dan industri kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.
III. Peserta
Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :
1. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian kimia analis dan industri di Indonesia dalam tahun 2009.
3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian kimia analis dan industri dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.
4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
IV. Materi Lomba
A. Lingkup Lomba
Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :
1. Tes Teori (30 menit)
Meliputi tes pengetahuan secara terpadu dengan materi:
1.1. Proses pembuatan VCO
1.2. Pengujian mutu VCO
1.3. Manfaat VCO
2. Tes Praktik (14x60 menit)
Meliputi tes keterampilan terpadu dengan materi:
2.1. Pembuatan VCO
2.2. Pengujian mutu VCO
3. Tes Komputer (2x60 menit)
Meliputi test keterampilan komputer:
3.1. Menggunakan Ms Office Word
3.2. Menggunakan Ms Office Exel
3.3. Menggunakan Ms Office Powerpoint
4. Tes Presentasi (15 menit)
Meliputi test kemampuan untuk mempresentasikan (komunikasi dan penalaran) suatu topik yang spesifik dalam Bahasa Inggris:
4.1 Teknik Penyiapan
4.2 Isi materi
4.3 Sikap Penyaji
V. Skor dan Bobot Penilaian
Skor maksimal dan bobot :
1. Tes Teori (skor maksimal 100, bobot 10%)……………... N1
2. Tes Praktik (skor maksimal 100, bobot 50%)…............... N2
3. Tes Praktik Komputer (skor maksimal 100, bobot 30%).. N3
4. Tes Presentasi (skor maksimal 100, bobot 10%) ....….... N4
Perhitungan Nilai Tes N1….N4 :
Skor Perolehan
Nilai Tes N1…N4 = ----------------------- X Bobot.
Skor maksimal
Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N4)
V. Aspek-aspek Penilaian
1. Aspek yang dinilai untuk Tes Teori adalah :
Ø Penguasaan koqnitif terhadap teori-teori :
1. Pengertian dan pemahaman VCO
2. Pembuatan VCO
3. Pengujian/analisa mutu VCO
4. Manfaat VCO
Ø Soal diwujudkan dalam bentuk Pilihan Ganda sebanyak 30 soal dengan 5 item pilihan A, B, C, D, E.
Ø Setiap soal memiliki skor 3,33.
Ø Skor perolehan dihitung dengan mengalikan 3,33 seluruh jawaban benar, jawaban salah tidak mengurangi skor perolehan.
2. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL AKHIR | JUMLAH SKOR |
I | Aspek Keterampilan | | | |
| Pembuatan VCO Bahan–bahan untuk pembuatan VCO disiapkan. | 2 | 3 | 5 |
2 | Alat kimia dan peralatan lain yang mendukung disiapkan untuk proses pembuatan VCO. | 2 | 3 | 5 |
3 | Santan dibuat sesuai dengan prosedur. | 2 | 3 | 5 |
4 | Pemisahan krim sesuai dengan prosedur | 2 | 3 | 5 |
5 | Krim dipanaskan pada suhu 550C-700C hingga diperoleh blondo, kemudian VCO yang diperoleh disaring. | 10 | 10 | 20 |
6 | VCO yang diperoleh dimurnikan dengan memanaskan pada suhu 600C-750C sampai VCO berwarna jernih kekuningan. | 4 | 6 | 10 |
7 | Uji mutu VCO Diuji warna dan aroma VCO yang diperoleh. | 2 | 3 | 5 |
8 | Diuji massa jenisnya dengan mengikuti SOP. | 4 | 6 | 10 |
9 | Diuji ALB dengan mengikuti SOP. | 5 | 10 | 15 |
II | Sikap Kerja | | | |
1 | Ketelitian | 2 | 3 | 5 |
2 | 2 | 3 | 5 | |
3 | Kerapian | 2 | 3 | 5 |
4 | Keterbacaan | 2 | 3 | 5 |
| Jumlah | | | 100 |
3. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Komputer adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL | JUMLAH SKOR |
I | Keterampilan | | | |
1 | Menyiapan perangkat keras komputer sesuai SOP | 2 | 3 | 5 |
2 | Mengoperasikan komputer sesuai SOP | 2 | 3 | 5 |
3 | Mengaplikasikan Ms Office Word untuk laporan | 10 | 10 | 20 |
4 | Mengaplikasikan Ms Office Exel untuk data dan perhitungan | 10 | 10 | 20 |
5 | Mengaplikasikan Ms Office Powerpoint presentasi | 15 | 15 | 30 |
II | Sikap Kerja | | | |
1 | 2 | 3 | 5 | |
2 | Keakuratan | 2 | 3 | 5 |
3 | Kerapian | 2 | 3 | 5 |
4 | Tepat waktu | 2 | 3 | 5 |
| Jumlah | | | 100 |
4. Aspek yang dinilai untuk Tes Presentasi adalah: Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap meliputi:
No. | Keterangan | Skor Maksimum | Skor Perolehan |
1 | Penguasaan materi | 20 | |
2 | Sistematika penyajian | 10 | |
3 | Penampilan pribadi (kerapian pakaian, nada suara, percaya diri) | 20 | |
4 | Penggunaan bahasa Inggris | 20 | |
5 | Penyiapan dan penggunaan alat bantu/media | 10 | |
6 | Kebenaran jawaban pertanyaan | 20 | |
| Total | 100 | |
VI. Tim Penguji
Jumlah Juri sebanyak 5 orang terdiri atas :
No | Unsur | Pusat | Wilayah |
A. | Profesional Akuntan dari Perusahaan | ... orang | ... orang |
B | LSP Bidang . . . . . . . . . . . | ... orang | ... orang |
C | PPPG Kejuruan | ... orang | ... orang |
VII. Kriteria Pemenang Lomba
Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.
Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III
Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.
VIII. Panitia Lomba
Panitia lomba adalah :
1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . ...................
2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . ...................
IX. Tempat Lomba
Tempat lomba untuk : Pekan Raya Jakarta (PRJ)
Jadwal Pelaksanaan : 21 – 24 Mei 2009
X. Tata Tertib Lomba
Pembimbing diharapkan :
1. Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.
2. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.
3. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.
4. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.
5. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.
Peserta diharapkan :
a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.
b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.
c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.
d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.
e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.
f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.
g. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.
h. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.
i. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.
j. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :
1. Pena/Ballpoint hitam, (disarankan lebih dari satu)
2. Penggaris,
3. Penghapus (bukan tipp-ex).
4. Kalkulator min. 12 digit.
5. Laptop
6. flash disck
k. Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.
Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
XI. The Closing
Things that was brought together in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).
No comments:
Post a Comment