Let conjoined with affiliation program:

¦ Chitika ¦ Kumpul Blogger ¦ Bikin Duit ¦ Bidvertiser ¦ forex ¦

¦ AdsenseCamp ¦ ClixSense ¦ AdBrite ¦ Ppcinbox ¦

¦ Mesin Pencari ¦ Ardhosting ¦ Clickinc ¦ PanenIklan ¦ Bux.to ¦


Sunday, February 15, 2009

HOTEL

HOME


INDONESIA SKILLS COMPETITION

(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)


TECHNICAL DESCRIPTIONS OF HOTEL ACCOMMODATION


I. Foreword


Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.


To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.


Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS)
National to XVII at Jakarta for Vocational Highstudent all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational EducationDirectorate General of Management for Primary and Secondary Education The Ministry of National Education Republic of Indonesia.


II. Tujuan

1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Akomodasi Perhotelan. .

2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Akomodasi Perhotelan

3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian Akomodasi Perhotelan . kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.

4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.


III. Peserta

Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :

1. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian . Akomodasi Perhotelan di Indonesia dalam tahun 2009.

3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian . . . Akomodasi Perhotelan dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.

4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.


IV. Materi Lomba

A. Lingkup Lomba

Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :

1. Tes Teori (60 menit)

Meliputi tes pengetahuan secara terpadu dengan materi . pengetahuan kepariwisataan dan perhotelan

2. Tes Praktik ( 35 menit) Meliputi tes keterampilan terpadu dengan materi mengacu pada SKKNI unit ITHHBHKG03AIS Menyiapkan kamar untuk tamu, meliputi :

Trolley preparation

Room preparation

Trolley clear up

Speedy time of prepare rooms for guest

B. Skor dan Bobot Penilaian

Skor maksimal dan bobot :

1. Tes Teori (skor maksimal 100, bobot 30%)……………... N1

2. Tes Praktik (skor maksimal 100, bobot 50%)…............... N2

3. Tes Attitude (skor maksimal 100, bobot 10%).. N3

4. Tes Kecepatan (skor maksimal 100, bobot 10%) ....….... N4

Perhitungan Nilai Tes N1….N4 :

Skor Perolehan

Nilai Tes N1…N4 = ----------------------- X Bobot.

Skor maksimal

Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N4)

B. Aspek-aspek Penilaian

Ad.1. Aspek yang dinilai untuk Tes Teori adalah :

Ø Penguasaan koqnitif terhadap teori-teori pengetahuan kepariwisataan dan perhotelan

Ø Soal diwujudkan dalam bentuk Pilihan Ganda sebanyak 50 soal dengan 5 item pilihan A, B, C, D, E.

Ø Setiap soal memiliki skor 2.

Ø Skor perolehan dihitung dengan mengalikan 2 seluruh jawaban benar, jawaban salah tidak mengurangi skore perolehan.

Ad.2. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:

NO.

ASPEK YANG DINILAI

MAX.

SKOR

PROSES

SKOR

HASIL

AKHIR

JUMLAH

SKOR

I

Aspek Keterampilan




1

Trolley Preparation

10



2

Entering Room

8



3

Bed Set Up

22



4

Cleaning Room

9



5

Cleaning Bath Room

11



6

Final Check

5



7

Storing

5



8

Problem Soving

7



9

Provide Services

7



10

Penggudangan

5



II

Sikap Kerja




1

Ketelitian

4



2

Kecepatan

2



3

Kerapian

2



4

Kelengkapan

3




Jumlah



100


LOMBA KOMPETENSI SISWA NASIONAL KE XVII

BIDANG LOMBA AKOMODASI PERHOTELAN

21 - 24 MEI 2009 di Hotel............ JAKARTA

Observation Check List

Unit Kompetensi (No. dan Judul) : PAR.HTO2.028.01, Menyiapkan kamar untuk tamu

Nama Peserta

: ________________

Tanggal/Waktu

: _____________

Nama Juri

: 1. ______________

3 ___________

5_____________


2. ______________

4 ___________


Kriteria unjuk kerja

Indikator unjuk kerja

( poin yang akan dicheck )

Kegiatan Penilaian

( Activity )

Bukti-bukti pendukung

( Evidence )

Max

Score

Score

Comments

1. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pelayanan kamar dipilih secara benar dan disiapkan untuk dipergunakan.

Dapat memilih alat / perlengkapan yang diperlukan untuk membersihkan kamar.

1. Memilih peralatan : Trolley,Caddy,Hamper,cleaning equipment

2. Memeriksa dan membersihkan seluruh perlatan dan kelengkapan

3. Menata peralatan dan kelengkapan

Lembar jawaban written test,

Bank Question

1

1

1



2. Persediaan untuk trolley diidentifikasi secara teliti dan dipilih atau dipesan dalam jumlah yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat menentukan jumlah barang-barang yang dibutuhkan sesuai dengan standar perusahaan.

4. Peralatan dan kelengkapan pembersih dipilih sesuai standar perusahaan

5. Mengerti dan memahami kegunaan dari alat / perlengakapan dan chemicals

6. Menata seluruh alat /perlengkapan dengan rapih.

7. Menata linen sesuai dengan kebutuhan

Lembar jawaban written test

Bank Question

1

1

1

1



3, Trolley dimuat dengan aman dengan persediaan yang memadai sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat menata semua barang dengan rapi dan dapat membawa trolley sesuai dengan standar perusahaan

8.Tempat linen kotor dan sampah disiapkan sesuai standar.

9. Selalu menjaga keseimbangan trolley

10. Mendorong dengan aman dan tidak membahayakan.


1

1

1



Total




10



1. Kamar yang membutuhkan layanan diidentifikasi secara benar dari informasi yang diberikan oleh staf housekeeping.

Dapat melakukan identifikasi kamar yang akan disiapkan sesuai informasi yang disiapkan oleh perusahaan.

11. Dapat memahami status kamar.

12. Dapat menentukan prioritas pekerjaan.

Room status report / Lembar jawaban written test

Bank Question

1

1



2. Masuk ke dalam kamar sesuai dengan prosedur keamanan dan layanan pelanggan perusahaan.

Dapat masuk kamar tamu sesuai dengan standar perusahaan dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan pelanggan

13. Membunyikan bel atau mengetuk pintu sesuai prosedur perusahaan

14. Menyebutkan identitas dengan jelas

15. Menyampaikan salam dengan sikap yang ramah dan sopan.

16. Meminta izin dan menawarkan pelayanan kepada tamu dengan ramah dan sopan

17. Mengerti dan memahami aspek keamanan pada saat menyiapkan kamar

Lembar jawaban written test

Bank Question

2

1

2

2

1



Total




10



1. Tempat tidur dibersihkan, bantal dan linen diperiksa kalau ada noda dan kerusakan.

Dapat mlakukan ’stripping linen’ dengan benar

24. ’Stripping’ linen

25. Memeriksa kondisi linen dan seluruh bagian tempat tidur.

Lembar jawaban written test

Bank Question

2

2



2. Noda dihilangkan sesuai dengan prosedur perusahaan.

Mengetahui cara penanganan linen yang terkena noda

26. Menangani linen yang kena noda sesuai dengan prosedur perusahaan.

27. Mengerti bahan kimia penghilang noda dan cara aplikasinya

Lembar jawaban written test

Bank Question

2

2



3. Sprei tempat tidur diganti sesuai dengan standar dan prosedur perusahaan.

Dapat menata tempat tidur sesuai dengan standar perusahaan.

28. Linen bersih diambil sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

29. Linen bersih disimpan di tempat yang bersih

30. Seluruh seprei, selimut, bed pad dll.

31. Tempat tidur ditata dengan rapih sesuai standar perusahaan

Kerapihan penataan tempat tidur / Lembar jawaban written test

Bank Question

2

2

6

6



Total




24



1. Kamar dibersihkan dengan susunan yang benar dan minimum gangguan.

Mengerti urutan pengerjaan kamar yang baik

18. Menghidupkan lampu dan membuka tirai.

19. Mengecek AC sesuai standar perusahaan.

20. Mengecek barang-barang room service dan menindak lanjuti

21. Mengcek laundry dan menindak lanjuti

22. Membuang sampah

23. Membawa asbak dan gelas kotor ke kamar mandi

Kamar Mandi

32. Menyalakan lampu dan melaporkan jika ada yang mati.

33. Mengangkat handuk-handuk kotor.

34. Membersihkan tempat sampah

35. Menyiram (flushing) kloset kemudian menuangkan chemical

36. Mencuci gelas-gelas dan asbak.

37. Membersihkan cermin

38.Membersihkan ’wash basin’ dan mejanya

39. Membersihkan kloset

40. Membersihkan ‘bath tub’ dan ‘shower’

41. Melengkapi kelengkapan kamar mandi ( amenities )

Lembar jawaban written test

Bank Question

1

1

1

1

1

1

1

1

1

2

1

1

1

1

1

1



2. Seluruh perabotan, perlengkapan dibersihkan dan diperiksa sesuai dengan prosedur perusahaan dan pedoman kesehatan/ keselamatan.

Mengerti dan memahami proses pembersihan seluruh bagian yang ada di kamar serta memeriksa kondisinya.

43. Membersihkan (dusting) seluruh barang-barang seperti : luggage rack, wardrobe, TV cabinet, writing desk, dll. (Furniture & Fixedture )

44. Mengecek jendela dan gorden serta balkon.

Lembar jawaban written test

Bank Question

4

1



3. Seluruh barang-barang di tata kembali sesuai dengan standar perusahaan.

Menata seluruh kelengkapan sesuai dengan standar perusahaan.

45. Menata peralatan seperti TV, AC, dll. Sesuai standar perusahaan.

Lembar jawaban written test

Bank Question

2



4. Persediaan kamar diperiksa, diganti sesuai dengan standar perusahaan.

Dapat melengkapi seluruh kelengkapan kamar sesuai dengan standar perusahaan.

46. Melengkapi ’guest supplies’ termasuk ’paper supplies’

Lembar jawaban written test

Bank Question

1



5. Rayap/hama diidentifikasi secepatnya dan tindakan yang tepat diambil sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.

Mengetahui dan memahami prosedur penanganan hama.

47. Mengidentifikasi hama / serangga serta menindak lanjuti dengan sistem pelaporan.

Lembar jawaban written test

Bank Question

1



6. Kamar diperiksa kalau-kalau ada kerusakan dan seluruh kerusakan dilaporkan secara akurat sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat mengetahui jenis kerusakan dari seluruh fasilitas yang ada di kamar

48. Memeriksa kondisi peralatan / kelengkapan kamar.

49. Mengidentifikasi dan melaporkan ke housekeeping.

Lembar jawaban written test / Lost & Damage Report

Bank Question

1

1



7. Barang-barang yang rusak dicatat sesuai dengan prosedur perusahaan.

Mengetahui dan memahami penanganan kerusakan barang sesuai prosedur perusahaan

50. Melakukan kerusakan dan kehilangan ke supervisor housekeeping.

Lembar jawaban written test / Lost & Damage Report

Bank Question

2



8. Barang atau kejadian yang luar biasa atau mencurigakan secepatnya dilaporkan sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat menangani kejadian –kejadian yang luar biasa atau yang mencurigakan sesuai prosedur perusahaan.

51. Melaporkan barang-barang / aktifitas yang mencurigakan : pencurian, ancaman bom, kebakaran, narkoba dan pengontrolan kunci.

Lembar jawaban written test

Bank Question

2



9. Bang-barang tamu yang ketinggalan dalam kamar kosong dikumpulkan dan disimpan sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat menangani sesuai standar perusahaan jika menemukan barang tamu yang ketinggalan.

52. Menangani dan menindak lanjuti prosedur ’lost & found’

Lembar jawaban written test / Lost & Found Form

Bank Question

2



Total




34



1. Trolley dan perlengkapan dibersihkan setelah digunakan digunakan sesuai dengan prosedur keselamatan perusahaan.

Dapat melakukan ’storing’ dengan baik sesuai dengan standar perusahaan

53. Membersihkan trolley dan perlengkapan pembersih.

Lembar jawaban written test

2



2. Seluruh barang-barang disimpan secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.

Dapat menata barang-barang dalam penyimpanan di gudang sesuai standar perusahaan.

54. Melakukan penggudangan

Lembar jawaban written test

2



3. Persediaan diperiksa dan barang-barang diganti atau di tata kembali sesuai dengan prosedur perusahaan

Mengerti dan memahami cara menjaga stock barang agar selalu memenuhi standar perusahaan

55. Seluruh perlengkapan dan supplies di order sesuai dengan standar perusahaan

Lembar jawaban written test / Room attendant report, Store room requestition

1



Total




5



Grand Total




100



TIME MANAGEMENT

Time Allotment

10%

≥ 35’

35’

≤ 35’


With Condition

50-60-70

80

100


Score






Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Demonstrasi /Presentasi adalah: Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap meliputi:

No.

Keterangan

Skor

Maksimum

Skor

Perolehan

1

Penguasaan materi

20


2

Sistematika dan Prosedural penyajian

10


3

Penampilan pribadi (kerapian pakaian, nada suara, percaya diri)

20


4

Penggunaan bahasa Inggris

20


5

Penyiapan dan penggunaan alat bantu/equipment.

10


6

Kebenaran jawaban pertanyaan

20



Total

100



IV. Tim Penguji

Jumlah Juri sebanyak 5 orang terdiri atas :

No

Unsur

Pusat

Wilayah

A.

Profesional Hotel dari Perusahaan

2 orang

1 orang

B

LSP Bidang Hotel dan Restoran.

1 orang

... orang

C

PPPG Kejuruan

1 orang

... orang

Untuk soal teori disusun oleh BPP IHKA (Asosiasi Housekeeping) dan Jurusan Hotel P4TK Jakarta yang merupakan gabungan soal kepariwisataan dan bidang keahlian housekeeping, sedang format/kriteria penilaian praktik juga dikeluarkan oleh BPP-IHKA mengacu pada SKKNI dan Standar Uji Kompetensi.

Penentuan pemenang LKS bidang keahlian Perhotelan didasarkan pada nilai tertinggi yang dicapai meliputi semua kriteria yang tercantum. Dan diharapkan bila hasil tersebut memenuhi nilai dan kriteria yang diakui oleh asosiasi, maka pemenang pertama, kedua, ketiga dan seterusnya yang memenuhi syarat kompeten, akan diusulkan untuk mendapatkan sertifikat uji kompetensi dari asosiasi.


VI. Kriteria Pemenang Lomba

Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.

Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III

Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.

VII. Panitia Lomba

Panitia lomba adalah :

1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : BPP - IHKA

2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : BPD - IHKA

3. Panitia Pelaksana Setempat.

4., P4TK


VIII. Tempat Lomba

Tempat lomba untuk bidang keahlian Housekeeping adalah :

Hotel (bintang lima) di Kawasan didekat pusat kegiatan LKS di Jakarta

Kamar yang dipergunakan adalah 3 kamar tipe deluxe double bed dan 2

kamar standar twin bed

Semua fasilitas di kamar berfungsi dengan baik.


IX. Tata Tertib Lomba

Pembimbing diharapkan :

1. Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.

2. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.

3. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.

4. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.

5. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.

Peserta diharapkan :

a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.

b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.

c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.

d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.

e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.

f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.

g. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.

h. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.

i. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.

j. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :

1. Pena/Ballpoint hitam, (disarankan lebih dari satu)

2. Penggaris,

3. Penghapus (bukan tipp-ex).

4. Kalkulator min. 12 digit.

k. Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.


X. Registration


Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on
Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Secretariat at Sub directorate of student activity, Directorate Technical and Vocational Educationwith address: complex of The Ministry of National Education, Building E, 12th floor, Sudirman's General road, Center Jakarta, Telephone/Fax.: 62 21 5725469


XI. The Closing


Things that was brought together
in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).

No comments:

Post a Comment